Koneksi Antar Materi, Modul 1.3, “ Visi Guru Penggerak Dalam Mewujudkan Siswa Merdeka dengan Pendekatan Inkuri Apresiatif Berdasarkan Filosofi Ki Hajar Dewantara”

                                                                           



Nama                : Titik Farniati

Kelompok        : 3 (tiga)

Fasilitator         : Bapak Yuli Cahyono

Pendamping     : Bapak I Komang Witarsa      

Visi adalah tujuan, masa depan, cita-cita , hal yang ingin dilakukan. Kita sebagai guru hendaknya memiliki visi agar kita tahu apa tujuan kita sebagai seorang guru terhadap pembelajaran yang kita lakukan. Visi menjadi guru yang ideal bagi siswa, berprestasi, kreatif dan inovatif sehingga akan bisa menginpirasi dan memotivasi bagi siswa dan rekan sejawat. Visi yang bisa menumbuhkan motivasi intrinsik murid yang dapat menumbuh kembangkan kekuatan kodrat alam dan kodrat jaman dari murid. Visi hendaknya berbasis pada kekuatan yang telah ada di sekolah kemudian dikembangkan menjadi visi sekolah yang berpihak pada murid dan dapat menumbuhkan semangat merdeka belajar.

Sebagai seorang guru, kita menyadari bahwa setiap anak memiliki keunikan yang berbeda-beda. Seorang pendidik, harus peka melihat keunikan anak agar  perkembangan anak dapat berjalan dengan optimal sesuai dengan minat dan bakat yang mereka miliki. Memotivasi dan memfasilitasi anak untuk menggali kekuatan positif yang dimiliki dan menyamarkan kekuatan negatifnya atau membuat kelemahannya menjadi tidak relevan. Murid diberikan kebebasan untuk berinovasi, kebebasan untuk belajar mandiri dan kreatif sesuai dengan kekuatan kodrat yang dimiliki agar tumbuh dan berkembang secara holistik. Anak-anak hidup dan tumbuh sesuai kodratnya sendiri. Pendidik hanya dapat merawat dan menuntun tumbuhnya kodrat itu”, sesuai dengan  pemikiran dari Ki Hajar Dewantara. Minat dan bakat siswa itu harus merdeka untuk berkembang seluas mungkin.

Paradigma Inkuiri Apresiatif (IA) sesuai dengan frasa dari kodrat alam dan kodrat jaman dari pemikiran KI Hajar Dewantara. Inkuiri Apresiatif adalah sebuah pendekatan manajemen perubahan yang kolaboratif dan berbasis kekuatan. Dengan pendekatan Inkuiri Apresiatif kita sebagai guru menggali potensi yang dimiliki anak agar tumbuh dan berkembang secara merdeka sesuai dengan kodratnya. Tahapan dalam Inkuiri apresiatif yaitu BAGJA yang dalam bahasa sunda artinya “bahagia”. Akronim BAGJA yaitu :

1.     B       : buat pertanyaan terkait penentu arah perubahan yang kita inginkan

2.     A       : ambil pelajaran, dalam tahapan ini mengambil pelajaran dari pengalama individu atau kelompok

3.     G       : gali mimpi, dalam tahapan ini digambarkan keadaan ideal yang diinginkan

4.     J        : Jabarkan rencana, tahapan ini mengidentifikasi tindakan yang di lakukan dan pengambilan keputusan

5.     A       : atur eksekusi, tahapan ini membuat rencana menjadi nyata.

Tahapan tahapan dari BAGJA adalah sebuah upaya untuk mewujudkan suatu perubahan positif sesuai dengan harapan dari visi yang di buat. Dengan pendekatan Ikuiri Apresiatif dilakukan identifikasi hal-hal yang baik yang sudah ada dan mencari cara agar bagaimana hal tersebut dapat dipertahankan sehingga kelemahan dan kekurangan dan ketiadaan menjadi tidak relevan. Untuk memudahkan melakukan perubahan yang positif diperlukan dukungan dan kolaborasi dengan pihak-pihak yang terlibat dalam hal ini adalah pemangku kepentingan di sekolah sehingga visi yang diharapkan bisa diwujudkan.

Visi tidak akan bisa kita wujudkan tanpa ada kekuatan dan dukungan dari pihak-pihak yang berkompeten dilingkungan pendidikan. Karena harus ada sinergi dari kekuatan-kekuatan yang ada dilingkungan sekolah untuk bisa mengwujudkan visi. Dukungan dari pemangku kepentingan misalnya dinas pendidikan, pengawas sekolah, kepala sekolah, wakasek, guru, tenaga administrasi sekolah, kepala dan pegawai perpustakaan, komite dan orang tua siswa, siswa, dan lingkungan sekitar. Jika semua pemangku kepentingan bisa bersinergi dengan baik maka visi yang kita harapkan bisa kita wujudkan dalam memajukan pendidikan yang berpihak pada siswa.

 


#gurupenggerak

#merdekabelajar

#visisekolah

 

   

Comments